Tips Mencegah Dehidrasi Saat Puasa

Tubuh manusia tersusun atas zat cair, ada lebih dari 70 persen tubuh manusia terdiri dari cairan. Oleh karena itu, sangat penting sekali bagi anda untuk selalu menjaga supaya tubuh mendapat asupan air yang cukup.

Anda harus menghindari dehidrasi meskipun sedang menjalani ibadah puasa.

Dehidrasi merupakan istilah kekurangan cairan dalam tubuh yang disebabkan oleh berbagai macam aktivitas serta kegiatan berat seperti olahraga yang tidak diimbangi dengan asupan cairan yang cukup dalam tubuh.

Apa saja efek dari dehidrasi?

[1.] Sakit kepala
[2.] Pingsan
[3.] Nyeri sendi
[4.] Lemas, lesu, dan tidak berstamina
[5.] Pada wanita : Bad mood, emosi, dan mudah marah
[6.] Jangka lama : Infeksi saluran kemih

Tips Mencegah Dehidrasi Saat Puasa

Kurang lebih 8 jam selama puasa anda tidak bisa mengonsumsi cairan apapun. Maka dari itu anda harus mempunyai tips supaya tetap bisa ibadah puasa sekaligus terhindari dari dehidrasi.

[1.] Tetap 8 gelas setiap hari
Rata-rata semua orang membutuhkan asupan cairan sebanyak 8 gelas setiap hari. Asupan cairan yang dimaksud bisa melalui air mineral, buah-buahan yang mengandung cairan, ataupun makanan berkuah.

Usahakanlah supaya setiap sahur anda mencicil beberapa gelas misalkan 3 – 4 gelas (tetapi tidak langsung diminum sekali).

Demikian juga ketika berbuka puasa. 8 gelas akan bertambah apabila aktivitas yang anda lakukan sepanjang hari menguras keringat dan tenaga.

[2.] Hindari kafein dan minuman bersoda
Hindari atau minimalkanlah konsumsi minuman yang mengandung kafein. Kafein mempunyai kemampuan untuk menghilangkan manfaat dari air dalam tubuh dan menghilangkan kelembaban.

Apabila anda ingin menikmati minuman hangat, maka pilihlah teh hijau ataupun teh chamomile. Hindari juga minuman bersoda yang bisa membuat perut terasa penuh.

[3.] Beri rasa pada air mineral
Ada banyak orang yang tidak menyukai air mineral karena mempunyai rasa hambar. Hal ini bisa diatasi dengan memberi rasa pada air mineral dengan rasa dari bahan alami.

Masukannlah sepotong irisan lemon atau sedikit perasa jeruk nipis kedalam air mineral, rasanya akan lebih segar. Akan tetapi hindarilah memberi tambahan berupa gula atau pemanis lainnya.

[4.] Minum susu
Khusus buat anak yang sudah mulai belajar puasa, untuk mencegah dehidrasi pada anak, maka bisa dengan memberikan susu.

Sebuah penelitian yang dilakukan di McMaster University menyebutkan bahwa susu lebih baik untuk menhindari dehidrasi pada anak daripada jenis minuman suplemen ataupun air karena susu sangat kaya akan kandungan protein, karbohirat, kalsium, dan elektrolit.

[5.] Makan buah yang mengandung banyak air
Tips cara menghindari dehidrasi saat puasa yang tidak bosan dan lezat adalah menikmati buah-buahan segar yang mempunyai kandungan banyak air, seperti : melon, semangka, jeruk manis, dll.

Bukan hanya rasa saja yang enak dan mencukupi kebutuhan air, ternyata buah-buahan tersebut bisa memberi asupan nutrisi untuk menjaga stamina selama menjalankan ibada puasa di bulan ramadhan.

[6.] Konsumsi QnC jelly gamat saat sahur
QnC jelly gamat ini sudah terbukti bisa dijadikan sebagai obat dehidrasi berat, sehingga sangat cocok dikonsumsi saat sahur untuk menhindari dehidrasi.

Selain saat sahur, konsumsi juga QnC jelly gamat ini saat berbuka puasa supaya stamina kembali seperti semula.

ORDER QNC JELLY GAMAT